Tuesday, July 9, 2013

Olah Nafas: Olahraga Super Murah, Super Manfaat


Saat ini kita ditawarkan pada berbagai macam jenis olahraga, dari yang super mahal sampai yang cuma-cuma alias bisa dilakukan kapanpun dan tanpa mengeluarkan biaya. Beberapa olahraga yang bisa dikatakan mahal seperti golf, berkuda, menembak, fitness di tempat mewah, dll. Olahraga mahal tidak sekedar menawarkan manfaat namun yang lebih penting adalah menawarkan gengsi kepada calon peminatnya. Olahraga mahal banyak diminati oleh eksekutif kelas atas, pejabat tinggi, selebritis dan kaum sosialita, dan pebisnis mapan. Adapula olahraga yang tidak mahal namun perlu peralatan dan tempat pendukung seperti bersepeda, berenang, jogging, futsal, tenis meja, hiking (lintas alam) dsb. Olahraga seperti ini banyak diminati oleh kalangan eksekutif/karyawan kelas menengah atau pebisnis skala kecil hingga menengah. Dari sekian jenis olahraga ada sebuah olahraga yang super murah namun menawarkan super manfaat..ya tidak salah lagi..itulah Olah Nafas. Olahraga jenis ini bisa dilakukan oleh semua kalangan tanpa batasan strata ekonomi, jenis profesi, umur, bahkan ideologi ataupun keyakinan.

Olah nafas bisa diterima dan dilakukan oleh semua kalangan karena sifatnya yang inklusif dan tidak mengenal gengsi namun bisa dikemas menjadi bergengsi agar bisa diterima oleh kaum yang gemar mengagungkan gengsi..bingungkan..silahkan dipikirkan dengan mengaitkannya dengan strategi bisnis dan pemasaran..hehe! Sebuah produk dapat dikemas dengan cara tertentu agar bisa diterima oleh segmen tertentu…begitulah kira-kira ilustrasinya. 

Kembali ke bahasan utama yaitu olah nafas, bahwa olahraga ini menawarkan banyak manfaat yang tidak bisa disamai oleh olahraga lainnya. Olah nafas meliputi 3 aspek pernafasan yaitu nafas perut, nafas diafragma, dan nafas dada. Pada ulasan berikut akan dijelaskan tentang manfaat dan teknik melakukan olah nafas yang meliputi 3 aspek tadi. 

Nafas perut bermanfaat untuk: Menyehatkan dan memperbaiki fungsi organ tubuh di bagian perut; Memperbaiki sistem pencernaan; Memperkuat antibodi tubuh; Menyehatkan ginjal, liver, dan usus; Meningkatkan penyerapan sari-sari makanan; Memperbaiki kualitas tidur (lebih nyenyak); Mempercepat proses regenerasi sel dan pemulihan tubuh di saat sakit. Adapun teknik melakukan nafas perut adalah : Tarik nafas melalui hidung; Pada saat menarik nafas, perut dikembungkan; Lalu buang nafas melalui hidung; Tidak ada penahanan nafas.

Nafas diafragma bermanfaat untuk: Menyehatkan dan memperbaiki fungsi organ tubuh di bagian dada bawah; Menguatkan imunitas tubuh; Memperkuat dan meningkatkan kinerja jantung; Memperlancar peredaran darah; Membantu mempercepat proses pembentukan energi tubuh untuk dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan. Untuk teknik melakukan nafas diafragma adalah : Tarik nafas melalui hidung; Pada saat menarik nafas, perut dan dada dikembungkan secara bersama-sama; Lalu tahan nafas (bukan menekan); Buang nafas melalui mulut dengan cara sedikit ditahan di tenggorokan sehingga sedikit mengeluarkan suara.

Nafas dada bermanfaat untuk: Menyehatkan dan memperbaiki fungsi organ tubuh bagian dada atas; Menyehatkan dan menguatkan fungsi paru-paru; Meningkatkan stamina; Membantu proses peredaran darah ke bagian tubuh menjadi lebih optimal; Meningkatkan kinerja otak. Untuk melakukan nafas dada berikut adalah tekniknya: Tarik nafas melalui hidung; Pada saat menarik nafas, dada dikembungkan; Lalu tahan nafas (bukan menekan); Buang nafas melalui mulut pelan-pelan dan sedikit ditahan di tenggorokan sehingga sedikit mengeluarkan suara.

Olah nafas dapat dilakukan secara perorangan ataupun berkelompok di manapun dan kapanpun. Bagaimana pembaca? Olah nafas menawarkan banyak manfaat dan mudah dilakukan tanpa persyaratan peralatan ataupun tempat dengan spesifikasi tertentu. Semoga pencerahan pada aspek kesehatan ini bermanfaat untuk semua kalangan. Salam Pencerahan!

Sumber: materi presentasi LENTRHAKA
Oleh: Teguh Supriyanto (Litbang dan Informasi LENTRHAKA)

1 comment:

  1. Blackjack Tabletop Games for Sale | Dr. Martin's Associates
    What do blackjack tables offer? — 김포 출장마사지 Play blackjack, video 목포 출장샵 poker 포항 출장마사지 and slots on a gaming table and let the casino see your cards, 의왕 출장샵 your bets and other 경기도 출장마사지

    ReplyDelete