Thursday, September 12, 2013

Teknologi Medis Masa Depan: Rekayasa untaian DNA menuju manusia tanpa batas



DNA bekerja menyerupai perintah untuk menjalankan kehidupan berupa perintah kepada setiap sel tubuh untuk melakukan apa yang semestinya dilakukan. Mengubah strukturnya berarti mengubah perintahnya. DNA bisa dikatakan sebagai blok bangunan kehidupan, namun sejumlah insinyur di Harvard sedang mencoba untuk mengembangkannya. Mereka menggunakan DNA sebagai blok bangunan (semacam buah mainan lego) berukuran nano untuk membuat struktur baru. 

Gambaran mainan lego digagas oleh Peng Yin, kepala riset proyek tersebut dalam memvisualkan apa yang akan mereka ciptakan. Perbandingan antara DNA dan lego adalah sbb: DNA dikodifikasi dalam 4 huruf yang berbeda yaitu: A, T, G dan C. Saat DNA digabungkan, G disambungkan dengan C dan A disambungkan dengan T. Komponen G-C dan A-T dalam jumlah sangat banyak bisa disusun menjadi apapun sesuai keinginan kita seperti halnya permainan lego. 

Konsep ini membuat ilmu biologi terus berkembang dengan kemungkinan tanpa akhir, maksudnya adalah manusia dapat membuat perintah apapun sesuai keinginannya tanpa batas melalui rekayasa struktur DNA. Tim dari Universitas Harvard telah membuat salinan genetis sebanyak 284 halaman  dengan cara menerjemahkannya strukur G-C dan A-T dalam DNA menjadi kode biner dengan angka 0 dan 1. Hasil kreasi Tim Harvard ini memungkinkan manusia mampu mengkodifikasi untaian DNA sesuai keinginannya tanpa batas. Jika untaian DNA mampu direkayasa maka manusia mampu mengembangkan potensinya ke level tanpa batas.

Oleh: Teguh Supriyanto
Twitter: @lentrhaka
FB: lentrhakaIndonesia
Sponsored by: elsvarev.blogspot.com

No comments:

Post a Comment