Saturday, May 18, 2013

"Golden Banana Republic"


Ini bukanlah nama merek produk baru sebuah apparel yang sempat booming di tahun 1990an. Sebuah merek kaos oblong dengan berbagai variannya yang terkenal bernama “Banana Republic”. Tetapi memasuki tahun 2005 hingga saat ini, merek terkenal ini seolah lenyap, mungkin karena bermunculannya usaha-usaha kreatif di bidang apparel di Kota Bandung yang dipelopori oleh anak-anak mudanya dengan konsep Distro (Distribution Store) yang menawarkan eksklusifitas produk terutama dari desain dan tampilan sehingga harganya pun lebih mahal dari T-shirt pada umumnya. Apparel Distro Kota Bandung sangat terkenal dan menawarkan berbagai macam brand. Untuk mengetahui macam-macam brand-nya, pembaca dapat mengunjungi komunitas distro di JL Sultan Tirtayasa, sekitar Jl Dago Bandung. Buat anak muda yang gemar aneka macam t-shirt, sepertinya area itu adalah salah satu pilihan yang tepat. 

Golden Banana Republic atau Republik Pisang Mas sebenarnya istilah untuk menaikkan kembali kebanggan kita atas negeri ini yang kaya akan sumber pangan Warisan Leluhur Nusantara. Pisang Mas bisa dikatakan sebagai pisang terbaik dari semua jenis pisang yang ada, baik dilihat dari gizi, rasa, dan manfaat medisnya. Begitu banyak artikel-artikel yang membahas dan mengupas gizi, rasa dan manfaat medisnya untuk manusia. Berdasarkan pengalaman seseorang yang pernah bekerja di hotel dan restoran di luar negeri, pisang mas menjadi pilihan menu makanan di hotel-hotel mewah. Fenomena ini menunjukkan bahwa pisang mas bukanlah bahan pangan sembarangan tetapi begitu berkelas dan memberi manfaat yang begitu tinggi, utamanya bagi kesehatan tubuh. Pisang mas pun menjadi asupan gizi yang baik untuk otak manusia sehingga mampu meningkatkan kecerdasan yang berpengaruh positif bagi kehidupan manusia. Belum lagi manfaat lainnya yang tidak bisa disebutkan satu-persatu disini. 

Namun ternyata, produk yang baik dan berkualitas belum tentu mudah didapatkan. Berdasarkan pengalaman penulis, pisang mas lebih sulit didapatkan dibandingkan pisang lain, semisal pisang ambon, pisang raja, ataupun pisang muli. Ini menjadi masalah yang harus kita selesaikan. Untuk menjamin ketersediaan pisang mas maka pasokannya harus banyak, ini berarti petani yang menanam pisang mas harus banyak. Namun demikian, kita tidak bisa hanya berharap dari petani. Kita harus memiliki inisiatif untuk membudidayakan dan mengembangkannya dengan seluas-luasnya. Tanamlah pisang mas di pekarangan kita masing-masing jika cukup lahannya ataupun memanfaatkan lahan kosong terbengkalai untuk budidaya pisang mas. Pendeknya semua upaya dikerahkan untuk mendapatkan bahan pangan berkualitas. Jangan lupa, konsultasikan cara membudidayakan pisang mas secara baik dan benar dengan akang-akang dari Divisi Pertala Hikmatul Iman. Mereka sangat terbuka dan senang membantu pengembangan bahan pangan alami. Dan tidak lupa pula berilah pupuk organik yang sudah teruji dalam mengembangkan berbagai tanaman, contohnya Pupuk Organik Cair Pertala. 

Intinya kita harus memiliki inisiatif dalam mengembangkan sumber daya yang dimiliki. Sudah bukan masanya lagi bagi kita menyalahkan keadaan bahwa bahan pangan alami kita tidak maju. Kita tidak perlu mengikuti kata-kata yang katanya pakar atau tenaga ahli di bidang industri pertanian serta pangan bahwa produk pangan alami kita tidak berkembang karena salah kebijakan Pemerintah, salah tata niaga, cuaca buruk, infrastruktur tidak memadai, dan segunung alasan lainnya. Marilah kita bekerjasama membangun sumber daya yang dimiliki agar bermanfaat maksimal bagi seluruh umat manusia. 

Disintesakan dari sejumlah sumber.
Pelatihan Korporasi, Jasa Retail, dan Kerjasama Bisnis LENTRHAKA, hubungi:
Sdr. Rohimat (0813-2165-2855)

No comments:

Post a Comment